SMP Islam Internasional Al Abidin Boyolali "Pride in Excellence"

Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik dengan media Quizizz dan Mind-Mapping

Pendidikan merupakan salah satu hal yang bisa merubah masa depan seseorang. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangatlah diperlukan pada abad 21 ini.

More To Explore

Praktik pembelajaran ini penulis lakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di SMP Islam Internasional Al Abidin Boyolali. Bagi beberapa siswa, skill membaca belum mereka kuasai. Salah satu faktor dari peserta didik yang membuat kemampuan membaca kurang maksimal adalah kurangnya pemahaman kosa kata serta kurangnya kosa kata yang mereka kuasai. Sehingga, ketika membaca teks bahasa Inggris mereka kesulitan untuk memahami isi dari teks tersebut. Maka dari itu penulis mencoba menerapkan Model Problem Based Learning dan menggunakan metode Mind Mapping serta media pembelajaran video dan quizizz untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Dalam melaksanakan praktik pembelajaran ini ada beberapa hal yang menjadi tantangan yang dihadapi oleh penulis, diantaranya:

  1. Penulis harus memikirkan pembagian waktu antara sintak yang satu dengan sintak yang lain.
  2. Penulis harus memberikan perhatian yang seimbang antar kelompok saat berdiskusi agar tidak terjadi kesenjangan.

Kemampuan memahami dari peserta didik yang berbeda-beda.

Dalam praktik ini penulis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun sintak dari PBL adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi peserta didik pada masalah
  2. Mengorganisasi peserta didik
  3. Membimbing diskusi secara individu atau kelompok
  4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Adapun sumber dan hal-hal yang dipakai dalam praktik pembelajaran adalah spidol, LCD, Proyektor, PPT, audio, dan media quizizz.

Adapun dampak yang dihasilkan dari langkah-langkah yang telah dilakukan dari metode PBL adalah peserta didik menjadi lebih aktif. Di dalam kelompok ketika mereka berdiskusi, mereka bisa menjalankan dengan baik dan nampak saling berbagi tugas. Dengan penggunaan mind-mapping, semakin memudahkan peserta didik untuk memahami teks yang diberikan. Dari mind mapping yang telah dibuat, peserta didik bisa mengetahui garis besar teks yang mereka baca. Secara keseluruhan, praktik pembelajaran ini berjalan dengan baik dan peserta didik semakin terlihat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hasil nilai yang dihasilkan pun juga sangat bagus dengan rata-rata 85. Rerata tersebut naik jika dibandingkan rerata pre-test sebelumnya yakni 70.

about

Facts about our school

Sekolah islam yang mengimplementasikan kurikulum Cambridge dan keteknologian pertama di Boyolali.

our TAGLINE

Pride in Excellence

our contact

Feel free to contact us

Ms. Indah: 0856-1718-795

Mr. Arief: 0877-3633-6999

Ms. Ana: 0857-4256-8783